Jumat, 04 Mei 2012

contoh RPP PKR Bahasa Indonesia dan IPA


RENCANA PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP


Mata Pelajaran         :  1. Bahasa Indonesia
                                        2. Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                          :  IV (Empat) dan V (Lima)
Semester                  :  I (Satu)
Alokasi Waktu         :  2 x 35 menit


I.              Standar Kompetensi
Kelas IV    :  3. Memahami teks agak panjang (150-200 kata) petunuk pemakaian, makna kata dalam kamus eksiklopedi.
Kelas V      :  4. Memahami hubungan antar sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses.

II.           Kompetensi Dasar
Kelas IV :  3.2   Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang di baca.
Kelas V  :  4.2   Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap.

III.        Indikator
Kelas IV            : 
·                Menjelaskan petunjuk penggunaan pompa angin.
·                Menuliskan petunjuk penggunaan pompa angin.

Kelas V  :
·         Mendemonstrasikan bahwa benda mengalami perubahan sifat karena proses.
·         Menyimpulkan hasil percobaan.

IV.        Tujuan Pembelajaran
Kelas IV            :
1.      Melalui menyimak dan tanya jawab siswa dapat menjelaskan petunjuk penggunaan pompa angin.
2.      Melalui demonstrasi siswa dapat menuliskan urutan petunjuk penggunaan pompa angin.

Kelas V  :
1.      Melalui demonstrasi siswa dapat membandingkan perubahan benda yang bersifat sementara dan tetap dengan menggunakan lilin dan kertas yang dibakar.
2.      Melaui informasi dari guru siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan dari lilin yang dilelehkan dan kertas yang dibakar.

V.           Materi Pembelajaran
a.      Materi Pokok
Kelas IV      :  Petunjuk Pemakaian Alat
Kelas V        :  Perubahan Kimia dan Fisika

VI.        Kegiatan Pembelajaran
A.           Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi

B.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.             Kegiatan Awal (10 menit)
·           Mengkondisikan siswa kelas IV dan V (Berdoa, mengabsen).
·           Apersepsi : -  Guru mengadakan tanya jawab tentang materi yang
lalu dan menghubungkannya dengan materi yang akan dibahas.
·           Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.             Kegaiatan Inti (45 menit)
·         Siswa kelas IV membaca petunjuk penggunaan pompa angin.
·         Siswa kelas V menyimak penjelasan guru mengenai perubahan kimia dan Fisika.
·         Siswa kelas V mendata sifat benda antara lain bentuk, warna dan kelenturan dengan menggunakan alat peraga lilin dan kertas.
·         Di kelas IV Guru menunjuk salah satu siswa untuk mendemonstrasikan cara penggunaan pompa angin dengan dibimbing guru.
·         Siswa kelas IV diberi tugas oleh guru untuk menuliskan petunjuk penggunaan pompa angin.
·         Siswa kelas V melakukan percobaan untuk membandingkan perubahan benda yang bersifat sementara dan tetap.
·         Siswa kelas V membuat kesimpulan hasil percobaan.

3.             Kegiatan Akhir (15 menit)
·         Siswa kelas IV dan V dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran.
·         Guru memberikan tugas (PR) sebagai tindak lanjut.

C.           Media dan Sumber Pembelajaran
a.             Media Pembelajaran
Kelas IV          :  Pompa angin, sepeda.
Kelas V           :  Lilin, korek api, kertas, dan gelas kecil.

b.            Sumber Pembelajaran
·      Buku Bahasa Indonesia kelas 4, karangan Edi Warsidi dan Farika, BSE penerbit  Departemen Pendidikan Nasional, hal : 1519.
·      Buku IPA kelas 5, karangan Choiril Azmiyawati, dkk, BSE penerbit  Departemen Pendidikan Nasional, hal : 7173.

VII. Penilaian
a.     Prosedur penilaian :
·         Penilaian awal                   :  Dilaksanakan
·         Penilaian dalam proses      :  Dilaksanakan
·         Penilaian akhir                   :  Dilaksanakan
b.                 Jenis penilaian             :  Tertulis
c.                  Alat penilaian                          :  Tes
d.                 Bentuk penilaian                     :  Uraian
e.                  Intrument                                :  Terlampir



Bogor,   Nopember 2011
Kepala Sekolah




....................................
Guru




.......................................







LEMBAR KERJA SISWA



Kelas IV
Tulislah petunjuk penggunaan pompa angin!
1.      ...............................................................................................................
2.      ...............................................................................................................
3.      ...............................................................................................................
4.      ...............................................................................................................
5.      ...............................................................................................................



Kelas V
Tulislah kesimpulan dari hasil percobaan yang telah dilakukan!
...............................................................................................................
...............................................................................................................
...............................................................................................................
...............................................................................................................













PR

Kelas IV
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.      Mengapa penahan pompa angin harus diinjak?
2.      Apa fungsi ujung selang “berkepala” dari pompa itu?
3.      Mengapa tungka pompa harus ditarik ke atas?
4.      Mengapa tungkai pompa harus didorong?
5.      Urutkan kembali petunjuk penggunaan pompa tersebut!


Jawaban
1.      Agar pompa tetap dalam posisi berdiri.
2.      untuk menjaga udara atau angin masuk kedalam ban.
3.      Untuk menghisap udara dari luar
4.      Untuk mengalirkan udara ke dalam ban
5.      1.   Masukan ujung selang pompa angin ke dalam lubang ban sepeda yang kurang
      angin
2.      Injaklah penahan keseimbangan Agar pompa tetap dalam posisi berdiri.
3.      Tarik tungkai pompa ke atas.
4.      Doronglah tungkai pompa ke bawah.
5.      Lakukan berulang sampai ban sepeda itu cukup terisi angin.



Kriteria Penilaian/Skor
-          Nomor 1 jawaban yang betul nilainya  2
-          Nomor 2 jawaban yang betul nilainya  2
-          Nomor 3 jawaban yang betul nilainya  2
-          Nomor 4 jawaban yang betul nilainya  2
-          Nomor 5 jawaban yang betul nilainya  5   +
                                    Total                      13

N =   Jumlah jawaban yang betul x 100  =  100
                                    13




Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!
Kelas V
  1. Apa yang dimaksud perubahan fisika?
  2. Apa yang dimaksud perubahan kimia?
  3. Bagaimana proses terjadinya perubahan Fisika pada lilin yang dibakar?
  4. sebutkan 2 contoh perubahan kimia?


Jawaban
1.      Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak menghasilkan zat baru.
2.      Peubahan kimia adalah perubahan yang dapat menghasilkan zat baru.
3.      Lilin dibakar, lilin akan meleleh dan mencair, sesudah dingin lilin menjadi keras dan dapat digunakan kembali.
4.        1.  Nasi yang dimasak menjadi bubur
2.    Besi yang berkarat.



Kriteria Penilaian/Skor
-          Nomor 1 jawaban yang betul nilainya  2
-          Nomor 2 jawaban yang betul nilainya  2
-          Nomor 3 jawaban yang betul nilainya  2
-          Nomor 4 jawaban yang betul nilainya  4   +
                                    Total                      10

N =   Jumlah jawaban yang betul x 100  =  100
                                    10

3 komentar: